Assalamualaikum Wr. Wb.


HTML Dasar: Bermain Dengan Paragraf | Setelah lama tak berjumpa, kali ini saya akan berbagi sedikit ilmu tentang Web Programming HTML karena beberapa request dari teman-teman yang baru memulai belajar tentang Web Programming, setelah sebelumnya saya pernah posting tentang HTML dasar, kali ini adalah lanjutan dari artikel tersebut.

Pertama, apa sih yang di maksud dengan paragraf ? Paragraf adalah merupakan suatu kumpulan suatu kesatuan pikiran yang lebih tinggi serta lebih luas dari pada kalimat. Atau definisi paragraf adalah bagian yang berasal dari suatu karangan yang terdiri dari sejumlah kalimat, yang isinya mengungkapkan satuan informasi/kalimat dengan pikiran utama sebagai pengendaliannya dan juga pikiran penjelas sebagai pendukungnya. (Link).

Tetapi dalam dunia Web Programming, paragraf digunakan untuk memulai sebuah baris baru dalam penulisan text, atau digunakan untuk sebuah judul (heading) di suatu paragraf.

Langsung saja kita mulai dengan tag yg pertama yaitu tag <p>...</p>, tag ini digunakan untuk membuat sebuah paragraf dengan ukuran huruf normal, dan setiap tag ini akan di batasi oleh break line

Tag <p>

Contoh: 
Baris Pertama
Baris Kedua
<p>Baris Pertama</p><p>Baris Kedua</p>

Maka Hasilnya akan seperti ini :

HTML Dasar: Bermain Dengan Paragraf

Artinya adalah tag <p></p> Akan secara otomatis membuat paragraf baru, dan tanpa tag tersebut maka sebuah tulisan tidak akan menjadi paragraf.

Tag <h1> - <h6>

Selanjutnya kita akan membahas tag <h1> - <h6>, tag ini digunakan untuk membuat sebuah Heading, H berarti heading dan nomor menentukan ukuran heading tersebut.

Contoh:

<h1>Heading 1</h1>
<h2>Heading 2</h2>
<h3>Heading 3</h3>
<h4>Heading 4</h4>
<h5>Heading 5</h5>
<h6>Heading 6</h6>

Maka Hasilnya akan seperti ini :

HTML Dasar: Bermain Dengan Paragraf

Heading biasanya digunakan untuk sebuah judul atau awalan sebuah laman.

Selanjutnya kita akan membahas tentang beberapa font styling

<strong>Strong</strong>
<em>Text<em><br>
<i>AAAA</i>
<b>BOLD</b>

Maka Hasilnya akan seperti ini:

HTML Dasar: Bermain Dengan Paragraf

<strong> Digunakan untuk menebalkan text sama seperti <b>, sedangkan <em> dan <i> digunakan untuk memiringkan text (Italic), dan <br> digunakan untuk membuat baris baru (Break Line)

Sekian artikel kali ini, untuk semua kritik dan saran harap kirimkan ke Twitter dan Facebook kami atau bisa berkomentar di bawah.

Terima Kasih atas kunjungannya.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Posting Komentar

Pengunjung yang baik selalu meninggalkan komentar
Silahkan berikan komentar/kritik/saran tentang artikel ini untuk kemajuan blog ini
Mohon untuk tidak berkomentar berbau SARA, Pornografi dan Kata-kata kasar agar tidak terjadi kesalah pahaman disini...

Terima Kasih

 
Top